Kamis, 13 November 2014

Pertemuan 3

Ragam dialog (Dialoque Style) :
“Cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog”
Beberapa Sifat setiap Ragam Dialog :
a.Inisiatif
.Inisiatif merupakan sifat dasar dari sembarang dialog, Inisiatif oleh komputer Pengguna memberikan
tanggapan atas arahan dari Komputer Definisi himpunan yang ditetapkan sebelumnya
Contoh: yes/no, menu
Inisiatif oleh pengguna Keterbukaan lebih luas
Contoh: command line

b.Keluwesan
Kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewat cara yang berbeda, Menyediakan sejumlah perintah
alternatif dengan hasil yang sama/setara
Shortcut Menyesuaikan diri dengan kemampuan pengguna (customized) Menu pemula dan mahir
Shortcut, command line

c.Kompleksitas
Tidak perlu membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan Pengelompokan Hirarki

d.Kekuatan
Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna

e.Beban Informasi
Ragam dialog yang terjadi antara komputer dengan manusia lebih menitik beratkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.

Karakteristik Ragam Dialog
a. Konsistensi
Atribut yang sangat penting untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas yang
diperlukan dalam pengoperasian sebuah sistem komputer.

b. Umpan balik
Ketika sebuah program aplikasi sedang dijalankan, pengguna seringkali harus menunggu sampai
komputer menampilkan hasil yang ia inginkan. Tetapi, pada program komputer yang tidak ramah, pengguna sering harus menunggu proses yang sedang berjalan,
sementara pengguna tidak mengetahui status proses saat itu, apakah sedang melakukan komputasi, sedang mencetak hasil, atau bahkan komputernya macet (hang) karena suatu sebab.

c. Observabilitas
Sistem dikatakan mempunyai sifat observabilitas apabila sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat rumit

d. Kontrolabilitas
Kontrolabilitas merupakan kebalikan dari observabilitas, dan hal ini berimplikasi bahwa sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna. 

e. Efisiensi
Efisiensi dalam sistem komputer yang melibatkan unjuk kerja manusia dan komputer secara bersama-sama adalah throughput yang diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer. 

f. Keseimbangan
Strategi yang diambil dalam perancangan sembarang sistem manusia-komputer haruslah dapat
membagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin

Kategori Ragam Dialog :
1. Ragam Dialog Interaktif
a. Dialog berbasis perintah tunggal (Command line dialogue).
“Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai “.
Dialog berbasis perintah tunggal (command line dialogue) dapat dikatakan merupakan ragam yang paling konvensional. contoh :
DOS (dir, delete, format, copy, dll)
Unix / Linux (ls, vi, who, passwd, dll)

b. Dialog berbasis bahasa pemrograman (Programming language dialogue).
“Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file”.
Contoh :
Assembler, Pascal, C, FORTRAN, atau BASIC

c. Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface).
“Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah“. Kata-kata/ bahasa sehari-hari bisa digunakan, seperti DISPLAY ALL dalam dBase
Contoh : dalam bahasa Pascal
While not eof(T) do
Begin
Readln(T,S);
(Natural language interface).
If IpSem > 3.0 then
Writeln(namamahasiswa);
End;

d. Sistem Menu.
“ Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas ”
Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau
kumpulan beberapa kata. Ditinjau dari teknik penampilan pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu.
2 (dua) jenis sistem menu:
1. sistem menu datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap.
a. Sistem Menu Datar (Selektor pilihan)
Dalam menentukan jenis selektor yang akan digunakan (angka, huruf, atau kombinasinya) salah satu bahan pertimbangannya adalah banyaknya pilihan yang akan disediakan.Penggunaan selektor yang berupa angka (tidak termasuk angka 10)
b. Penggunaan Tanda terang (highlight marker)
menggunakan suatu mekanisme yang disebut tanda terang (highlight marker) yang dapat digerakkan pada semua pilihan yang ada dilayar Dengan cara ini, pengguna – dengan bantuan tombol khusus atau dengan menggunakan mouse – memenpatkan tanda terang ke suatu pilihan yang ia inginkan. Kemudian, pengguan harus menekan tombol Enter atau mengklik mouse untuk mengkonfirmasikan pilihannya.
Contoh Sistem menu Datar:
2. Sistem menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon pilihan). Sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu. Contoh Sistem Menu Tarik (Pulldown)

e. Dialog berbasis pengisian formulir (Form filling dialogue).
“ Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan ”.
Contoh Dialog berbasis pengisian formulir (Form filling   dialogue).

f. Antarmuka Berbasis Ikon
“Dialog yang menggunakan simbol atau tanda untuk menunjukan suatu pilihan aktifitas tertentu”.
contoh Antarmuka berbasis ikon (icon)
g. Sistem Penjendelaan (windowing system)
“Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) “.
Penampilan lebih banyak informasi
- Akses lebih banyak sumber informasi
- Kombinasi berbagai sumber informasi
- Kendali bebas atas sejumlah program
- Command context
- Penyajian jamak (multiple view)
- Reminder/pengingat

Jenis-jenis jendela (window) :
1. Jendela TTY
Jendela TTY merupakan jenis jendela yang palingsederhana. Secara sekilas jenis jendela ini mirip dengan tampilan apa adanya karena jendela TTY hanya terdiri atas sebuah jendela yang mempunyai fasilitas pemindahan halaman (scrolling) secara otomatis pada satu arah.
Contoh jendela TTY adalah : dot prompt.

2. Time-Multiplexed Windows
Pemikiran yang mendasari digunakannya istilah time-multiplexed windowsadalah bahwa layar tampilan merupakan sumber daya yang bisa digunakan secara bergantian oleh sejumlah jendela pada waktu yang berlainan. Jenis jendela ini banyak diterapkan pada editor teks

3. Space multiplex window
Dalam space-multiplexed windows, lebar layar dibagi bagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran
yang bervariasi, dan jenis jendelanya dapat ditentukan berdasarkan ketergantungan antara satu bisa diletakkan “diatas” jendela yang lain, dan apakah masing-masing jendela bisa diubah ukurannya.
Contoh :
- pada perangkat lunak Bravo
- pada pengolah kata Word Perfect versi DOS misalnya
Word Perfect versi 5.0 atau5.1, pada Lotus 123 versi DOS

4. Non Homogen
Jendela non homogen adalah jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan pada jenis jendela diatas.
Dua dari beberpa jenis jendela homogen adalah ikon, dan zooming window.

h. Manipulasi Langsung
1. Pengertian
“ Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer “.
2. Penerapan :
- Kontrol Proses
- Editor Teks
- Simulator
- Kontrol Lalu lintas penerbangan
- Perancangan Bentuk/model
- (computer aided design )

i. Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
“Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas“.
Contoh Interaksi Grafis:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar