Jumat, 14 November 2014

Pertemuan 4

Prinsip – prinsip desain antarmuka

• Merefleksikan model mental user :
Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum

• Explicit and Implied Action :
Explicit actions adalah kondisi yang jelas dalam  memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek.
Implied actions adalah kondisi yang hanya  memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.

• Direct Manipulation
user mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.

• User Control
mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.

• Feedback and Communication
selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.

• Consistency
user dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.

• WYSIWYG (What You See Is What You Get)
tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.

• Aesthetic Integrity
informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.

Dokumentasi Desain

I. Lingkup Sistem

II. Desain Data
• Mengubah objek data yang didefinisikan pada model analisis menjadi struktur data yang ada dalam
perangkat lunak

• Atribut yang dimiliki objek data, hubungan di antara objek data, dan penggunaannya dalam program, semuanya mempengaruhi pemilihan struktur data

III. Desain Architectural
• Menggunakan karakteristik aliran informasi dalam model analisis untuk menghasilkan struktur program

• Sebuah data flow diagram dipetakan menjadi struktur program menggunakan dua pendekatan :
– Transform mapping
– Transaction mapping

• Transform mapping : diterapkan untuk sebuah aliran data yang menunjukkan batas yang jelas antara data yang masuk dan yang keluar

• DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang  mengalokasikan kontrol menjadi input, pemorsesan, dan output bersama dengan hirarki modul

• Transaction mapping : diterapkan jika sebuah item informasi menyebabkan percabangan

• DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang mengalokasikan kontrol menjadi sebuah substruktur
yang mendapatkan dan mengevaluasi sebuah transaksi

IV. Desain Antarmuka
• Meliputi antarmuka program internal dan eksternal serta desain untuk antarmuka pengguna

• Desain antarmuka internal dan eksternal diarahkan oleh informasi yang diperoleh dari model analisis

V. Desain Prosedural

VI. Catatan Khusus

Mengembangkan software yang baik.
• High Performance
software yang dibuat mempunyai performance yang tinggi, walaupun digunakan oleh beberapa user.

• Mudah digunakan
software yang dibuat mempunyai sifat easy to use (mudah digunakan) sehingga tidak membutuhkan proses yang lama untuk mempelajarinya

• Penampilan yang baik
software mempunyai antarmuka (interface) yang baik, sehingga user tidak merasa jenuh.

• Reliability
kehandalan, sejauh mana suatu software dapat diharapkan untuk melakukan fungsinya sesuai dengan ketelitian yang diperlukan.

• Mampu beradaptasi
sejauh mana software yang dibuat mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan teknologi yang ada.

• Interoperability
software yang dibuat haruslah mampu berinteraksi dengan aplikasi lain. Biasanya dapat dilihat dari adanya fasilitas untuk eksport dan import data dari aplikasi lain.

• Mobility
software yang dibuat dapat berjalan pada bermacam-macam sistem operasi.

Mendesain Layout

Model Aplikasi
Ada 3 Model Aplikasi:
1. Berbasis Dokumen
Aplikasi ini menghasilkan sebuah dokumen berupa file-file yang nantinya bisa dibuka dan dirubah kembali jika perlu. Aplikasi yang berbasis dokumen misalnya: Microsoft Word, Microsoft Excel, Open Office, Corel Draw, Photoshop, dll.


2. Berbasis Non Dokumen
Aplikasi ini sifatnya tidak menghasilkan dokumen yang bisa dibuka dan dirubah kembali. Contoh dari aplikasi berbasis non dokumen ini adalah: Microsoft Outlook, MySQL, MYOB, dll

2. Layout Berbasis Non Dokumen
My SQL & M.Y.O.B 

3. Utilitas
Aplikasi ini sifatnya adalah untuk penunjang saja (sifatnya hanya tambahan). Ada kecenderungan aplikasi seperti ini menekankan pula pada style disamping fitur aplikasi. Contoh dari aplikasi ini adalah seperti aplikasi untuk mendengarkan musik atau menonton video (Winamp, Media Player, PowerDVD), aplikasi untuk anti virus (Kaspersky, Norton, F-Secure)

3. Layout Utilitas
Power DVD XP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar